#007. Pengecatan Otomatis


Diambil dari contoh soal lomba PLC Teknik Fisika ITB 2010 (http://lombaplc.tf.itb.ac.id/?p=27). Sistem Pengecatan Otomatis bekerja menyemprotkan dua warna dasar ke sebuah objek untuk mendapatkan suatu campuran warna tertentu. Sistem tersebut bekerja sebagai berikut:

  • Ketika tombol START ditekan maka LAMPU INDIKATOR menyala dan MOTOR CONVEYOR pembawa objek berjalan.
  • Ketika sensor LS1 ON atau mendeteksi objek, MOTOR CONVEYOR langsung OFF (LS1 di ON-kan kemudian di OFF-kan lagi, tetapi MOTOR CONVEYOR Berhenti) dan sistem langsung menyemprotkan warna HIJAU 2 kali. Lama setiap penyemprotan warna hijau ini adalah 2 dan 3 detik, dengan selang waktu antara penyemprotan pertama dan kedua adalah 2 detik
  • Setelah warna HIJAU di semprotkan 2 kali maka penyemprot warna merah langsung bekerja dan menyemprotkan warna MERAH 2 kali. Lama setiap penyemprotan warna merah ini adalah 3 detik dengan selang waktu penyemprotan pertama dan kedua adalah 1 detik
  • Setelah warna terakhir selesai disemprotkan maka langkah selanjutnya MOTOR CONVEYOR langsung ON lagi. Sampai sensor LS2 mendeteksi, MOTOR CONVEYOR berhenti. Begitu LS2 OFF, MOTOR CONVEYOR bergerak lagi sampai LS1 ON lagi.
  • Jika tombol STOP di tekan, sistem pengecatan masih terus berlangsung, pengecatan tidak boleh langsung berhenti, Sistem hanya boleh mati setelah LS2 ON.
Buat program diagram tangga untuk sistem ini dan simulasikan program tersebut secara software menggunakan simulator LDmicro dan secara hardware menggunakan PLCmikro.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar