#001. Pengukur Detak Jantung

Kesehatan seseorang dapat dipantau dari laju detak jantungnya. Ketika laju detak jantung tidak beraturan, maka hal itu bisa menjadi tanda bahwa seseorang sedang mengalami masa kritis. Karena itulah alat yang bisa mengukur laju detak jantung diperlukan. Dalam pembuatan alat pengukur detak jantung ini, sebuah rangkaian sensor cahaya seperti pada rangkaian sensor tachometer digunakan. Pada prinsipnya, rangkaian sensor tersebut akan mendeteksi volume darah pada kulit jari yang akan berubah setiap kali darah dipompa keluar dari jantung dan kembali ke jantung. Perubahan volume darah tersebut selanjutnya akan menghasilkan perubahan sinyal berbentuk pulsa pada sensor cahaya yang seirama dengan detak jantung. Laju detak jantung ini biasanya dinyatakan dalam satuan BPM (beats per minute). Laju detak jantung orang dewasa yang sehat pada saat istirahat adalah antara 60-80 bpm. Berikut diperlihatkan gambar skematik, gambar pengawatan dan foto rangkaian alat pengukur detak jantung. Sebagai informasi, gambar skematik rangkaian pengukur detak jantung berikut ini diambil dari alamat web: http://embedded-lab.com/blog/?p=1671, dengan judul artikel: “Heart rate measurement from finger tip”. Video berikut ini menunjukkan contoh aplikasi PLCmikro untuk pengukur detak jantung:



14 komentar:

  1. ka boleh liat rangkaiannya denyut nadi ga ya ? aku udah coba bikin tapi ko ga bisa2 ya (-_-"
    kalau boleh tolong dikirim ke fitrohpinangsari@yahoo.com .. terima kasih ka ..

    BalasHapus
  2. kalau dishare rangkaian nya boleh ga ? ke : ary.purnama74@yahoo.co.id
    makasih

    BalasHapus
  3. kakak mohon bantuannya yah .. minta skema rangkaian dan programnya email : riannata22@gmail.com

    salam
    terima kasih :D

    BalasHapus
  4. mas saya butuh bantuan untuk tugas akhir saya., saya butuh skema rangkaian dan program dari IC PIC....
    tolong email ke msjarwo0@gmail.com

    Terimakasih

    BalasHapus
  5. boleh liat rangkaiannya denyut nadi ga ya ? aku pengen coba bikinnya,,
    ini email ku ,, herdifadillah@ymail.com

    BalasHapus
  6. rangkaiannya bisa dikirim ke asandypsb@gmail.com nuhun

    BalasHapus
  7. selamat sore mas boleh saya dikirimin gambar rangkaian dan daftar komponenya mas,email saya henribsi2014@yahoo.co.id,
    saya buat ini bukan untuk komersil mas,tapi untuk pengerjaan tugas akhir mas

    BalasHapus
  8. maaf sebelumnya , boleh meminta rangkaiannya? saya ada project riset mohon bantuannya . minta tolong kirim ke email saya nityacas58@gmail.com . terimakasih banyak mas.

    BalasHapus
  9. halo ka blh g minta rankaiannya soalnya kita butuh bangat ka
    email saya ynocosta@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus