#062. Menambahkan LCD

Salah satu cara menghubungkan LCD dengan PLCmikro adalah dengan menggunakan LCD Serial.

Apa itu LCD serial? LCD Serial adalah LCD yang dapat menampilkan data yang diterimanya, di mana data tersebut dikirimkan melalui komunikasi serial. 

Mengapa menggunakan LCD Serial? Karena LDmicro telah menyediakan instruksi untuk komunikasi serial yang mudah penggunaannya, yaitu Insert Formatted String Over UART (untuk data terformat) dan Insert UART Send (untuk data byte).

Berikut langkah-langkah penambahan LCD pada PLCmikro untuk menampilkan data angka yang bertambah setiap detiknya:


1. Buat LCD serial
LCD Serial ini dapat dibuat sendiri dengan mudah. Gunakan Arduino Severino (mikrokontroler ATmega8) dan LCD biasa 16x2. Program Arduino Severino tersebut dengan program SerialDisplay, yang merupakan contoh program pada software Arduino. 

Download software Arduino di sini: http://arduino.cc/en/Main/Software. Setelah itu, ekstraks di komputer, dan jalankan software tersebut. Pilih menu File >> Examples >> LiquidCrystal >> SerialDisplay.

Tekan tombol Upload untuk memprogramnya. Namun sebelumnya, pastikan bahwa pilihan jenis Arduino (Board, di menu Tools) adalah Arduino NG or older w/ ATmega8 apabila menggunakan Arduino Severino. Dan juga pilih saluran port Arduino yang sedang digunakan (di menu Tools >> Serial port). Setelah semua dipilih, baru tekan tombol Upload, tunggu hingga muncul pesan Done Uploading, maka pemrograman selesai.

Setelah itu buat rangkaian untuk LCD serial seperti gambar berikut ini:

2. Buat Program komunikasi serial di LDmicro
Kemudian buat program di LDmicro seperti  berikut:


Program di atas dapat didownload di sini.

Atur UART baud rate komunikasi serial untuk program di atas sebesar 9600 (yaitu di menu Settings >> MCU parameters di software LDmicro). Setelah itu Compile program di atas sehingga menghasilkan file Hex, yang siap ditanamkan ke memori mikrokontroler. Gunakan software TinyBld untuk menanamkannya ke PIC16F877, atau software ARP Uploader untuk ATmega8.

3. Hubungkan PLCmikro dengan LCD Serial
Hanya dibutuhkan 3 buah kabel untuk penghubungan ini, yaitu kabel 5V, kabel Ground dan kabel data. Kabel data ini untuk PLCmikro PIC16F877, ada di kaki 25 (TX), sedangkan untuk PLCmikro ATmega8, ada di kaki 3 (TX). Sedangkan di LCD serial, kaki data ini dihubungkan dengan kaki no.2 (RX) AT mega8/ATmega328.

Berikut video contoh hasilnya:


2 komentar:

  1. cannot download LCDku.rar
    can you email it to me at maheshchhatbar@gmail.com

    Thanks

    Mahesh

    BalasHapus
  2. Mantap tutorialnya dicobain berjalan .terima kasih ilmunya

    BalasHapus